Senin, 08 April 2013

Seperti Anjing Yang Menggigit Tulang

"Dapatkan gagasan yang baik dan pegang erat-erat. Kejar dan kerjakan hal itu sampai selesai dan diselesaikan dengan benar." Walt Disney

Apakah anda pernah memperhatikan seekor anjing dengan sepotong tulang? Tak peduli betapa kerasnya anda mencoba merebut tulang itu dari moncongnya, anjing itu tak akan elepaskannya. Pada kenyataannya, semakin keras usaha anda merebut tulang itu, makin keras gigitan anjing terhadap tulang itu. Itulah yang disebut keteguhan seekor anjing, suatu kualitas yang sangat dibutuhkan apabila anda ingin mencapai sasaran apapun, tak peduli besar atau kecil – artinya tidak terpengaruh oleh besar kecilnya tulang.

Almarhum Maurice Richard ibarat "anjing yang sedang menggigit tulang" ketika ia mengejar impiannya untuk bermain hoki. Sangat jelas apa yang ia ingin lakukan dengan kehidupannya sejak dini, meskipun ia mengalami banyak kecelakaan pada usia remajanya. Ketika ia pada akhirnya diterima untuk bermain di Montreal Canadiens, masih dalam kariernya yang dini ia sudah dicap sebagai seorang pemain "lembek". Ia juga ditantang oleh kurangnya dukungan dari mereka yang ada di sekelilingnya, kecuali isterinya sendiri. Meskipun demikian, semangat Maurice untuk berhasil di bidang olahraga membawa dia melewati semua rintangan-rintangan
itu, dan membawanya menuju karier yang memecahkan rekor selama lebih dari 20 tahun. Ia menggigit "tulangnya" erat-erat dan tidak membiarkan tulang itu lepas!

Ketika anda mengetahui apa yang anda inginkan, dan anda tidak bimbang bahwa andamenginginkannya, anda perlu menjadi persis seperti Maurice Richard. Katupkan gigimu kuat-kuat pada "tulangmu" dan jangan biarkan "tulang" itu lepas. Bertekadlah untuk tidak membiarkan siapapun atau apapun mengambilnya dari anda.

Banyak keadaan dapat membuat anda sulit mempertahankan tulang itu, seperti tantangan kesehatan atau kebimbangan dan ketakutan anda sendiri. Orang-orang lain, meskipun orang-orang yang mengasihi anda, mungkin mencoba mengambil tulang itu dari anda. Ketika anda menghadapi rintangan-rintangan itu, anda perlu meningkatkan tekad anda dan merasakan semangat dan keinginan anda yang membara, itulah kekuatan yang akan melontarkan anda ke arah sasaran anda.

Walaupun tekad bulat itu penting, namun hal yang penting juga adalah agar anda terbuka terhadap gagasan-gagasan baru dan perluaslah pemikiran anda. Anda harus siap untuk melepaskan pemikiran-pemikiran yang membatasi anda dengan perkataan-perkataan seperti: "Aku harus realistis dan jangan membuat sasaran yang terlalu hebat buat diriku sendiri," atau "Aku harus melakukan apapun yang orang-orang suka aku lakukan, bukannya mengejar impianku sendiri." Kejarlah apa yang anda sungguh-sungguh inginkan!

Tantanglah diri anda untuk mereka jalan baru dan kejarlah impian anda, namun berhati-hatilah terhadap rute yang anda pilih. Bersedialah untuk menggali jalan-jalan baru; meskipun demikian, jika anda terus menjalani rute yang sama selama ini, anda akan mencapai tujuan yang sama. Apakah hal itu yang anda inginkan?

by : Peggy McColl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini