Cari Blog Ini

Minggu, 06 Mei 2012

Sesuatu Yang Kita Lakukan

“Yang sedang Anda lakukan saat ini, bukanlah semata-mata untuk Anda sendiri. Begitu banyak orang yang tergantung kepada apa yang sedang Anda lakukan saat ini.”

Ketika masih anak-anak, saya menganggap bahwa di dalam radio ada kurcaci-kurcaci kecil yang tugasnya tiap hari bicara dan menyanyi sesuai kehendak kita. Maka saya pun biasanya akan tidur tenang dengan suara radio, meski orangtua tidak mendampingi saya. Anggapan ini tentu saja menggelikan bila kita ingat sekarang setelah kita memahami apa sesungguhnya radio itu. Anak saya, sewaktu kira-kira berusia 3 tahun pun punya kebiasaan lucu: setiap kali makan (disuap) ia selalu minta untuk sambil dibukakan halaman ensiklopedi anak yang menggambarkan sistem pencernaan tubuh. Buku itu memang menarik. Di dalam buku kecil itu sistem pencernaan digambarkan penuh dengan kurcaci-kurcaci kecil yang sedang bekerja mengolah makanan di lambung, usus 12 jari, usus besar dan bagian-bagian lain sistem pencernaan makanan. Ada kurcaci yangdigambarkan sedang melembutkan makanan yang masuk, ada yang “memasak” sebelum diserap, ada yang membuang sisa-sisa makanan, dan lain sebagainya. Anak saya menganggap bahwa para “kurcaci” akan sangat kegirangan menyambut setiap suapan yang masuk mulutnya serta masuk ke lambung, sehingga ia akan makan dengan semangat dan lahapnya.

Dalam skala yang berbeda, kita ternyata masih butuh ‘kurcaci-kurcaci” itu. “Kurcaci-kurcaci” yang membuat kita tenang atau bahkan membuat kita lebih bersemangat melakukan sesuatu. Foto keluarga yang ada di meja kerja Anda, sepatu kecil yang digantung di kaca spion oleh para supir truk, ring tone handphone rekaman suara anak atau pacar kita, pin atau perhiasan pemberian seseorang yang sangat dekat, merupakan bentuk lain “kurcaci-kurcaci” yang saya maksud. 

Kalau Anda sedih, putus asa, merasa tidak berarti, ingatlah akan “kurcaci-kurcaci” itu. Anda masih mempunyai seseorang yang menantikan Anda di rumah. Ada seseorang yang begitu dekat dan membutuhkan kehadiran Anda bahkan ada orang lain yang begitu memperhatikan Anda. Semua itu adalah para “kurcaci” yang akan membuat Anda tenang dan bersemangat untuk tetap hidup serta melakukan yang terbaik. 

Selamat pagi dan selamat bekerja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar