Jumat, 27 Juli 2012

Santa Anna dan Santo Yoakim

Jika ada pasangan yang belum punya momongan, jangan putus asa. Dalam kitab suci terdapat bagaimana mereka yang belum punya anak mencari wajah Allah dan bertekun dalam doa, mohon rahmat dan karunia. Ishak adalah anak Abraham dan Sarah yang mereka peroleh pada masa tuanya. Hana isteri Elkana sering dihina oleh Penina, isteri kedua suaminya. Hana berdoa sujud sampai Tuhan menjamah rahimnya. Doanya dikabulkan sehingga ia melambungkan pujian: "Hatiku bersuka ria karena Tuhan, tanduk kekuatanku ditinggikan oleh Tuhan." Zakaria dan Elisabet dijanjikan Tuhan untuk dapat anak di masa tuanya. Suaminya tidak percaya sehingga lidahnya kelu dan mulutnya bisu. Bagi Tuhan tak ada yang mustahil. Anak Zakaria dan Elisabet adalah Yohanes Pembaptis yang berseru-seru dipadang gurun: "Luruskanlah jalan Tuhan." Sejak perkawinannya dengan Yoakim, Anna tak henti-hentinya mengharapkan karunia Tuhan berupa seorang anak. Setiap tahun, Anna dan Yoakim berziarah ke Bait Allah di Yerusalem untuk berdoa. Mereka bernazar, kalau Tuhan menganugerahkan kepada mereka anak, maka anak itu akan dipersembahkan kepada Tuhan.

Syukurlah bahwa pada suatu hari malaikat Tuhan mengunjungi Anna yang sudah lanjut usia itu membawa warta gembira; "Tuhan berkenan mendengarkan doa ibu! Ibu akan melahirkan seorang anak perempuan, yang akan membawa suka cita besar bagi seluruh dunia!" Dengan kegembiran dan kebahagiaan yang besar Anna menceritakan warta malaikat Tuhan itu kepada Yoakim.

Setelah genap waktunya, lahirlah seorang anak wanita yang manis. Bayi ini diberi nama Maria, yang kelak akan mengandung Putera Allah yaitu Yesus Kristus, juru selamat dunia.

Kehidupan Anna tidak terdapat dalam Injil-injil. Kisah mengenai Anna dan Yoakim diperoleh dari kitab Apokrifa dari abad ke dua Masehi. Orang Yunani mendirikan Basilica untuk menghormati ibu Anna di Konstantinopel 550M. Paus Gregorius XIII (1572-1585) mengumumkan penghormatan kepada Ibu Anna di seluruh gereja pada 1584M. Arti nama Yoakim - Persiapan bagi Tuhan dan Anna berarti - Rahmat atau Karunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini