Cari Blog Ini

Jumat, 01 November 2013

APA ITU INDULGENSI?

Dalam rangka “Peringatan Mulia Arwah Semua Orang Beriman” tanggal 2 November, setiap orang Katolik dapat memperoleh indulgensi penuh bagi orang yang sudah meninggal. Caranya : mengunjungi makam dan/atau mendoakan arwah orang yang meninggal. Yang menjalankan setiap hari dari tanggal 1 s.d. 8 November memperoleh indulgensi penuh. Yang menjalankan pada hari-hari lain, memperoleh indulgensi sebagian.

Indulgensi adalah harta pusaka surgawi yang istimewa yang dianugerahkan Gereja kepada kita untuk melunasi hutang dosa kita kepada Tuhan serta untuk memulihkan luka-luka jiwa kita yang diakibatkan oleh dosa.


Tuhan memberikan wewenang kepada Gereja untuk memberikan indulgensi atas perbuatan-perbuatan atau doa-doa tertentu, sehingga ketika kita melakukan perbuatan atau doa tersebut, kita boleh memperoleh indulgensi.


Meskipun indulgensi tidak dapat dipergunakan untuk orang lain yang masih hidup (mereka harus memperoleh indulgensinya sendiri!), kita dapat membantu jiwa-jiwa di api penyucian agar lebih cepat tiba di surga dengan mempergunakan indulgensi yang kita terima untuk membantu mereka melunasi hutang dosa mereka kepada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar