Selasa, 12 Februari 2013

PERATURAN PUASA DAN PANTANG


  1. Masa Prapaskah mulai pada HARI RABU ABU tanggal 13 Februari 2013 dan berjalan sampai Pesta Paskah tanggal 31 Maret 2013.
  2. Seluruh Masa Prapaskah adalah waktu bertapa. Karena itu diharapkan dari masing-masing agar selama Masa Prapaskah dengan kesadaran dan kerelaan melakukan pekerjaan amal dan tapa menurut pilihan masing-masing, selain yang diwajibkan di bawa ini.
  3. Secara khusus diminta perhatian untuk AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP), yang dimaksudkan mengumpulkan dana, yang diperoleh dari usaha-usaha penghematan/berpantang. Dana itu diperuntukkan karya-karya sosial, termasuk usaha-usaha pengembangan Komunitas Basis dan pemerdayaan lingkungan. Sesungguhnya menggembirakan melihat animo umat untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan APP semakin meningkat. Kecuali itu dana hasil APP tahun yang lalu di Keuskupan kita naik 34% dibandingkan dengan tahun sebelumnya! Itu berarti kesadaran belarasa umat untuk sesamanya, yaitu saudara-saudari Kristus yang kecil, semakin besar. Sambil mengucapkan terima kasih atas semua itu, kita berharap APP tahun ini akan lebih meningkat lagi.
  4. Di samping itu selama Masa Prapaskah kita wajib berpuasa dan berpantang menurut peraturan: berikut:

a.    Pada Hari Rabu Abu dan Jumat Agung ada kewajiban berpuasa dan berpantang.
b.    Pada hari-hari Jumat Biasa dalam Masa Prapaskah hanya ada kewajiban berpantang.
c.    Berpuasa bearti mengurangi makan, sehingga hanya satu kali saja boleh makan kenyang dalam sehari sehari.  Kewajiban untuk berpuasa ini berlaku bagi mereka yang berumur antara 18 sampai 60 tahun.
d.    Berpantang berarti mengurangi makan mewah sesuai dengan penilaian daerah masing-masing, misalnya berpantang dari daging. Secara perorang dapat pula menentukan wujud berpantang menurut keadaan masing-masing, misalnya berpantang dari berjajan makanan khusus, dari minuman keras, dari rokok, dll. Kewajiban berpantang berlaku bagi mereka berusia 14 tahun ke atas.

  1. 5.    Mereka yang mendapat makanan dari dapur umum, atau yang hidup di tengah keluarga yang seluruhnya belum Katolik, bebas dari wajib pantang, tetapi bebas dari wajib puasa.
  2. 6. Kewajiban Paskah, yaitu kewajiban untuk menyambut komuni (dan kalau perlu sebelumnya mengaku dosa) dapat dipenuhi dari Hari Rabu Abu tanggal 13 Februari 2013 sampai Hari Raya Tritunggal Mahakudus, 26 Mei 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini