Minggu, 10 Juni 2012

Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus


Setiap tahun Gereja merayakan Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus.Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus jatuh pada hari Jumat sesudah Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Pada tahun ini Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus jatuh pada tanggal 15 juni 2012

Mengapa kita merayakan  Hati Yesus yang Mahakudus?  
Kita merayakan Hari Raya Hati Yesus yang Mahakudus karena Hati Yesus melambangkan kasih-Nya yang begitu besar  bagi umat manusia. Pada tahun 1675, Yesus menampakkan diri kepada St. Maria Margareta Maria Alacoque dan menunjukkan Hati-Nya yang penuh belaskasihan itu berdarah. Yesus menyatakan kerinduan hati-Nya akan kasih umat-Nya dan menunjukkan Hati-Nya yang Mahakudus yang penuh cinta dan belaskasihan serta  penyelamatan. Karena itu, Tuhan menetapkan hari Jumat setelah Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus sebagai hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus dan meminta Margereta untuk menghormati Hati-Nya Yang Mahakudus  dengan menerima komuni kudus setiap Jumat Pertama dalam bulan selama sembilan bulan berturut-turut.
      Dengan menghormati Hati Yesus Yang Mahakudus, kita mendapatkan berkat dari hati ilahi-Nya, yaitu kita mendapatkan segala kebutuhan  kita. Kebutuhan yang dipenuhi oleh Hati Yesus  terutama adalah  kedamaian hati. Kedamaian hati  jauh lebih berharga  daripada harta benda. Agar kedamaian hati kita dapat terpelihara, kita hendaknya  berusaha menyangkal  kehendak kita sendiri dan menggantikannya dengan kehendak Hati Yesus  yang Mahakudus. Dengan mengikuti kehendak Hati Yesus yang Mahakudus, kehendak-Nya bagi kita dapat terlaksana  sehingga Ia semakin dimuliakan  dan kita bersukacita karena menjadi  alat-Nya dan percaya sepenuhnya kepada-Nya.
        Marilah pada Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus  ini kita semakin berusaha menyerupai Hati Yesus, yaitu  kerendahan hati dan kelebutan hati. Kerendahan hati dan kelembutan hati  menjadi sumber ketenangan dan kebahagiaan hidup kita. Hidup yang dipenuhi dengan  ketenangan dan kebahagiaan akan membuat hidup kita terasa  ringan. Tuhan memberkati.

Sehubungan dengan Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus, Paroki Katedral Makassar, juga merayakan Pesta Pelindung Paroki sekaligus memperingati 120 Tahun berdirinya Gereja Katedral Makassar. Pada BERKAT  edisi mendatang , akan di umat Tulisan Seputar Sejarah Gereja Katedral Makassr. Dalam rangkah memperingati Pesta Pelindung Paroki Katedral, Maka akan diadakan beberapa kegiatan dan perlombaan untuk memeriakan Pesta Paroki tahun ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan Pesta Pelindung Hati Yesus Yang Mahakudus Katedral Makassar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari bibit– bibit muda (regenerasi) dan sebagai media      penyaluran bakat umat dalam mengembangkan tugas pelayanan, baik dalam lingkup Rukun, Kelompok Kategorial. dan sekaligus juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta umat dalam kehidupan menggereja. 
umat sekalian yang berminat untuk mengikuti kegiatan Peta Paroki ini, dapat mendaftarkan diri ke ketua-ketua rukun dan kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini