BULAN KITAB SUCI NASIONAL 2020

MEWARTAKAN KABAR BAIK 

DI TENGAH KRISIS 

IMAN DAN IDENTITAS 

Akibat Pandemi Covid-19
Bahan-bahan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2020 | SESAWI.NET
Add caption


Kata Pengantar

Sesuai dengan kesepakatan dalam Pertemuan Nasional Lembaga Biblika Indonesia empat tahun lalu, dalam Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2020 ini kita akan merenungkan tema Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Iman dan Identitas. Karena BKSN merupakan ke- giatan tahunan, sebagaimana biasa, LBI segera berproses untuk meng- gali dan mendalami tema tersebut. Bahan-bahan telah dipersiapkan sesuai jadwal, yakni gagasan pendukung, pertemuan pendalaman Kitab Suci untuk berbagai kategori, termasuk juga poster. Namun, segalanya berubah karena kedatangan virus corona.

Virus   corona   mengakibatka terjadiny pandemi   Covid-19. Karena terjadi secara global, dampak wabah penyakit ini terhadap hidup manusia amat sangat besar. Banyak orang terjangkit, jatuh sakit, dan me- ninggal dunia. Yang sehat pun dipaksa menghentikan aktivitas dan me- ngurung diri di rumah karena sifat virus yang mudah menular. Akibat- nya, bumi seakan berhenti berdetak. Segala bidang kehidupan dihantam krisis yang dahsyat.

Peristiwa ini terlalu besar untuk dilewatkan. Kita tidak bisa diam saja dengan tidak merenungkan tragedi yang luar biasa ini, tragedi yang secara serentak dialami oleh setiap orang di muka bumi. Karena itulah LBI memandang perlu bahwa materi BKSN tahun ini diperkaya dengan kondisi aktual kita, lebih lagi ini sesuai dengan tema yang disepakati bersama.

Materi tambahan segera disusun dengan judul: Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Iman dan Identitas Akibat Pandemi Covid-19. Kami berhadap materi ini dapat didalami bersama-sama dengan materi yang sudah ada, sehingga dengan terang Kitab Suci, kita semua dapat me- mahami mengapa krisis ini bisa terjadi dan bagaimana kita dapat mela- luinya dengan baik. Semoga dengan itu, kasih dan kebaikan Tuhan tetap dapat kita rasakan, meskipun dalam saat-saat sulit.

BKSN tahun ini sudah pasti akan berbeda dari tahun-tahun se- belumnya. Kegiatan berkumpul bersama untuk mendalami Kitab Suci mungkin belum memungkinkan untuk dilakukan. Jika terjadi demikian, alangkah baiknya kalau kita masing-masing mencari cara agar materi BKSN tetap menjadi renungan bersama, misalnya dengan memanfaatkan teknologi, media sosial, atau sarana-sarana yang lain. Semoga keadaan yang sulit ini justru memancing berkembangnya kreativitas kita dalam mewartakan kabar baik kepada sesama.

Tuhan memberkati kita semua.

 

Lembaga Biblika Indonesia


NB: berikut ini link untuk mendownload bahan PENDALAMAN KITAB SUCI NASIONAL 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Hari Raya yang disamakan dengan Hari Minggu

Apakah makna orang Katolik memasang lilin di depan Patung Yesus atau Maria?

“DIPERLENGKAPI UNTUK SALING MELENGKAPI DI TENGAH KEANEKARAGAMAN”